FREQUENTLY ASKED QUESTIONS

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan

Apa itu domain ?

Nama domain (bahasa Inggris: domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi…….

Apa itu TLD ( Top Level Domain ) ?

Top Level Domain adalah segmen terakhir dari nama domain. Dikenal juga sebagai akhiran dari sebuah…….

Apa itu hosting ?

Hosting merupakan istilah untuk jasa penyewaan server internet untuk keperluan website dan…….

Apa itu shared hosting ?

Shared Hosting adalah layanan hosting di mana sebuah account hosting pengguna di…….

Apa itu dedicated hosting ?

Dedicated Hosting adalah layanan hosting di mana sebuah server yang dipakai oleh…….

Apa itu VPS ?

Virtual Private Server (VPS) adalah server pribadi yang keseluruhan resource-nya hanya…….

Apa itu SSL ?

SSL (Secure Socket Layer) adalah lapisan keamanan untuk melindungi transaksi di website…….

Apa itu jaringan cloud ?

Cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan…….

Apa Itu Domain ?

Nama domain (bahasa Inggris: domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “seo-webhosting.com”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain.

Apa Itu TLD ?

Top Level Domain adalah segmen terakhir dari nama domain. Dikenal juga sebagai akhiran dari sebuah domain. Atau merupakan bagian yang mengikuti final ‘dot’ di URL kita. Top Level Domain kemudian dibagi menjadi dua kategori yang berbeda, yaitu Country-Specific Top Level Domain dan General Top Level Domain. Top Level Domain membantu kita mengidentifikasi unsur-unsur tertentu dari suatu website, seperti jenis usaha, negara asal, apakah suatu situs merupakan milik pemerintah, website sekolah, dan masih banyak lagi. Guideline untuk penggunaan Top Level Domain saat ini telah diatur dengan sangat ketat. Namun, pada tahun 2010, The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) mulai melonggarkan guideline ini terutama yang berhubungan General Top Level Domain atau merek dagang milik sebuah perusahaan. Domain Name System (DNS) adalah suatu sistem penamaan untuk layanan online, komputer, atau sumber daya apapun yang terkoneksi ke internet. DNS bekerja dengan cara mengasosiasikan nama domain untuk masing-masing perusahaan, website, atau layanan lainnya. DNS juga menerjemahkan nama domain ke alamat IP numerik yang dibutuhkan untuk protokol jaringan agar bisa berfungsi dengan benar.

Apa Itu Hosting ?

Hosting merupakan istilah untuk jasa penyewaan server internet untuk keperluan website dan email. Pengguna biasanya menyewa jasa hosting kepada penyedia hosting seperti SEO WebHosting dan mendapatkan account hosting (sejumlah ruang disk, account email, akses shell/FTP, dll) dan dapat mengupload file-file website yang kemudian nanti dapat dilihat oleh pengunjung website. Bisa disebut juga web hosting, karena umumnya selalu berkaitan dengan website, walaupun bisa saja ada layanan hosting yang khusus email saja (email hosting), SSH/shell saja (shell hosting), dan sebagainya.

Apa Itu Shared Hosting ?

Shared Hosting adalah layanan hosting di mana sebuah account hosting pengguna ditaruh bersama-sama dengan beberapa account hosting pengguna lain dalam satu server yang sama, dan memakai services bersama-sama. Keuntungan shared hosting adalah harganya yang murah.

Apa Itu Dedicated Hosting ?

Dedicated Hosting adalah layanan hosting di mana sebuah server yang dipakai oleh 1 pengguna saja. Keuntungannya adalah performa dan privasi yang lebih baik, karena server tidak dipakai oleh pihak ketiga.

Apa Itu VPS ( VIRTUAL PRIVATE SERVER ) ?

Virtual Private Server (VPS) adalah server pribadi yang keseluruhan resource-nya hanya digunakan oleh satu pengguna saja dan tidak dipengaruhi oleh pengguna lain. Pengguna dapat mengelola secara penuh semua konfigurasi dan resource yang ada pada VPS dan melakukan apa pun yang diinginkan.

Teknologi yang digunakan VPS adalah virtualisasi hardware server fisik yang kemudian dibagi menjadi beberapa resource berbeda. Disebut virtual karena pembagian ini dilakukan dengan menggunakan software sehingga dalam satu server fisik bisa terdapat beberapa VPS yang dijalankan.

Apa Itu SSL ( Secure Socket Layer ) ?

SSL (Secure Socket Layer) adalah lapisan keamanan untuk melindungi transaksi di website anda dengan teknologi enkripsi data yang canggih. Pada website dengan SSL maka alamatnya berubah menjadi https dan muncul tanda padlock (gembok) di address bar browser yang bisa di-klik untuk melihat jenis SSL, teknologi enkripsi yang dipakai dan siapa identitas pemilik website.

Apa Itu Jaringan Cloud ?

Cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.